Breaking News

Menteri ATR/BPN Rembuk Penyelesaian Konflik Agraria Bareng Warga Curahnongko


RECORD JATIM.COM.JEMBER, kehadiran Menteri ATR/BPN RI Hadi Tjahjanto beserta jajarannya, dan didampingi Bupati Jember Hendy Siswanto di kabupaten Jember pada hari jumat ( 6/01/2023) dalam rangka menyerap aspirasi dengan warga Curahnongko terkait konflik Agraria dengan PTPN XII yang berjalan sudah 57 tahun hingga kini belum tuntas 

Dalam audiensi tersebut ditempatkan di lahan PTPN XII  sambil duduk bersila Menteri Hadi Tjahjanto  dan jajarannya berdialog langsung dengan warga Curahnongko.
Menteri ATR/ BPN Hadi mendengarkan curhatan warga yang sudah puluhan tahun berjuang atas redistribusi tanah seluas 332 ha yang masih status quo tersebut. Mereka meminta kepada Menteri ATR/BPN untuk menuntaskannya tahun 2023 ini.

Menteri Hadi Tjahjanto menegasla   ia berkomitmen menyelesaikan konflik agraria tersebut

“ Untuk itu saya tidak main-main dalam menawarkan solusi sengketa ini. Saya membawa Wakil Menteri dan beberapa Dirjen dan pejabat tinggi ATR/BPN agar bisa melihat langsung lokasi,  berdiskusi mengenai alternatif solusi untuk warga Curahnongko dan PTPN XII,” tegas dia.

Menteri ATR/ NON Hadi Tjahyanto  mengaku bahwa dia telah berkomunikasi dengan Direktur Utama PTPN III (Holding) bahwa telah memberikan skema penyelesaian Business to Business (B2B) di mana para petani melalui koperasi bekerja sama dengan PTPN XII dalam pengolahan tanah PTPN XII.

Terkait komoditi yang telah disepakati untuk dilakukan penanaman adalah tebu. Menteri BUMN dan Direktur Utama PTPN III (Holding) tertarik dan menginginkan skema tersebut dapat dilaksanakan.
Hadi menegaskan seluruh persoalan pertanahan tentu bisa diselesaikan.

Kementerian ATR/BPN secara pro aktif terus mendorong solusi penyelesaian.

“Kami siapkan skema-skema dan alternatif penyelesaian yang bisa diterima semua pihak. Saya optimis, program reforma agraria Presiden Jokowi bertujuan mulia, ini yang terbaik untuk rakyat dan bangsa ini. Karenanya mari kita tuntaskan dengan solusi-solusi damai dan bermartabat,” jelasnya ( LN ,FR 
© Copyright 2022 - RECORD JATIM