Breaking News

Dr Hasto Wardoyo Resmikan PKBRS Di RSD Soebandi Jember.

 
RECORD JATIM.COM
JEMBER, 
 Program Keluarga Berencana Rumah Sakit (PKBRS) di RSD dr Soebandi Jember, pada hari Selasa, 31 Januari 2023. Secara resmi telah diresmikan oleh Kepala BKKBN RI Dr. (Hc). dr. Hasto Wardoyo, SP.
 Bupati Jember Hendy Siswanto ,TP.PKK Kabupaten Jember Hj Kasih Fajarini  ,Pj Sekda Arief Tyahyono dan sejumlah OPD ikut mendampingi dan menyaksikan peresmian PKBRS milik RSD Soebandi .

Dalam sesi jumpa pers Hasto  Wardoyo menyampaikan PKBRS merupakan program yang harus dimiliki  oleh rumah sakit di seluruh Indonesia.
Pasalnya PKBRS merupakan wujud pelaksanaan intruksi Presiden RI untuk penurunan angka stunting, angka kematian ibu dan angka kematian bayi (AKI-AKB), serta kemiskinan ekstrem.

“ Karena semua masuk dalam SDGs 2020, kita semua harus gotong royong bergerak semua untuk menyukseskannya,” kata Hasto.

Masih menurut Hasto Wardoyo   menyampaikan potensi kelahiran baru dari 1 juta penduduk itu terdapat 16 ribu kelahiran baru.

“Kalau penduduk Jember itu jumlahnya 2,6 juta jiwa, potensi kelahiran baru di kisaran 41.600,” lanjutnya.

Hasto 
 menyampaikan pesan Presiden, pemerintah daerah untuk mendorong pemenuhan gizi bagi ibu hamil serta bayi dengan mengonsumsi protein hewani dan memprioritaskan produk lokal.

“Di samping itu juga pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan untuk menyamakan alat ukur dari Kementerian Kesehatan hingga ke level paling bawah, sehingga angkanya bisa presisi untuk kemudian ditindaklanjuti langkah apa yang akan diambil untuk mencegah stunting, AKI dan AKB,” jelasnya.
 Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan  langkah yang sedang dijalankan Pemkab Jember kali ini adalah penimbangan dan pemberian vitamin A kepada balita secara serentak se-Kabupaten Jember.
Langkah ini melibatkan seluruh petugas kesehatan, kader posyandu, aparat kelurahan/desa, Ketua RT RW, kader posyandu, pramuka, PKK, dan relawan.
“Kita targetkan Februari 2023 ini sudah dapat data akurat dari gerakan penimbangan dan Bu pemberian vitamin A kepada balita secara serentak ini, kemudian kami akan lakukan treatment untuk semua persoalan stunting, AKI-AKB juga pencegahan pernikahan dini,” ujar Bupati Hendy Siswanto.

Pada kesempatan tersebut Bupati Hendy Siswanto didampingi TP PKK Jember Hj Kasih Fajarini menyerahkan bantuan nutrisi PTM , untuk ibu hamil dan menyusui (LN , AF)

© Copyright 2022 - RECORD JATIM