Breaking News

Bupati Hendy Siswanto Menginginkan Bundesma Menjadi Garda Terdepan Bangkitnya Ekonomi.


RECORD JATIM.COM.JEMBER, 
Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST. IPU. meresmikan 26 Bumdesma (Badan Usaha Milik Desa Bersama) secara serentak se-Kabupaten Jember, Senin 30 Januari 2023, bertempat di salah satu hotel di kawasan Tegal Besar.

Dalam sambutannya Ia menyampaikan Bumdesma adalah semangat baru bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Jember.

“Dengan Bumdesma, pemerintah desa dapat mendirikan usaha lebih variatif lagi, tidak hanya simpan pinjam saja. Misal jualan pupuk, pengelolaan tanah kas desa menjadi tempat wisata, tergantung dari inovasi masing-masing desa,” ujar Bupati Hendy.
Selanjutnya ia menambahkan, sebagai badan usaha yang sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa, pengembangan BUMDesma ini merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa, serta merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal.

Dia pun meminta Bumdesma menjadi garda terdepan kebangkitan ekonomi masyarakat.

“Tentunya Bumdesma harus bisa menjadi penggerak kemajuan ekonomi masyarakat desa, ini yang namanya  baru keren!,” kata Bupati Hendy siswanto.
Ia menyampaikan banyak potensi yang dimiliki oleh desa-desa di Kabupaten Jember, namun belum terkelola dengan baik.

Oleh karena itu, Bupati  Hendy  mendorong pemerintah desa untuk melakukan inovasi terhadap potensi yang dimiliki desa, dengan memanfaatkan Bumdesma sebagai badan usahanya.

Dia menyontohkan, saat dirinya melakukan kunjungan ke Desa Lengkong Kec. Mumbulsari, di sana terdapat sawah yang begitu indah, dikelilingi gunung.

“Itu sangat bagus apabila dibuat wisata kuliner di tengah sawah, dan banyak lagi lainnya yang bisa kita berdayakan melalui Bumdesma ini,” pungkasnya. (LN,AF)..
© Copyright 2022 - RECORD JATIM