Breaking News

Dinas Koperasi Jember Bersinergi Dengan Polije Menggelar Pelatihan Untuk UMKM.


RECORD JATIM.COM.JEMBER .
untuk memberdayakan para pelaku UMKM di Jember , Pemkab Jember melalui Dinas Koperasi Jember menggelar sejumlah pelatihan bekerjasama dengan Polije Jember. Pemberian pelatihan bagi UMKM ini sudah berjalan sejak bulan oktober 2022 kata  Sartini ketika dikonfirmasi Media Record Jatim pada acara pembukaan Bimtek Fasilitasi PIRT di Kantor Dinas Koperasi selasa ( 6/12/2022.)
Sartini menyampaikan untuk Bimtek Fasilitas PIRIT ini di ikuti 70 peserta. Selain itu juga ada Pelatihan Pembuatan telor asin dilaksanakan di Polije  juga di ikuti 70 peserta  jadi jumlah total pelatihan yang kita berikan untuk UMKM binaan kita tahun ini ada 20 pelatihan  sebelum akhir Desember harus sudah selesai.

"Perlu diketahui setiap pelatihan produk  berlangsung 2 hari dan peserta tidak diperbolehkan ikut bidang pelatihan yang lainnya. Misalkan sekarang  mengikuti pelatihan pembuatan telor asin terus selesainya ikut daftar pelatihan pembuatan tempe ino tidak bisa kita terima . Jadi untuk memberikan kesempatan UMKM lainnya yang minat ikut pelatihan"kata Sartini.

Terpisah Irma 34 tahun asal kelurahan kebonsari merupakan peserta pelatihan telor asin .awalnya Irma membuat telor asin dengan cara menggunakan batu bata yang dilumuri batu bata ,bahannya dari telor ayam buras,pengalamannya huat telor asin secara otodidak butuh waktu 10 hari untuk menjadika telor asin.

Masih menurut irma pada pelatihan di polije ini untuk buat telor asin bahannya dari telor bebek di lumuri abu dan garam setelah didiamkan 10 hari hasilnya lebih bagus dan masir.

"Saya berterima kasih kepada dinas koperasi yang memberikan fasilitas ikut pelatihan walaupun 2 hari sangat bermanfaat untuk menambah usaha dalam membantu ekonomi keluarga .Ada kendala yang saya alami yakni bahan baku telor bebek dimana harus beli " katanya.( LN,AF).

© Copyright 2022 - RECORD JATIM