Breaking News

Antisipasi Pohon Tumbang Tim Gabungan Lakukan Pemangkasan Pohon .


RECORD JATIM.COM.JEMBER.
Hujan deras disertai angin kencang kerap terjadi di Kabupaten Jember akhir-akhir ini. Untuk mengantisipasi timbulnya korban akibat pohon tumbang, Pemerintah Kabupaten Jember melalui sejumlah instansi dan organisasi perangkat daerah melakukan gerak cepat. Yakni melakukan pemangkasan sejumlah dahan pohon yang lebat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Sigit Akbari menjelaskan bahwa hari ini, pihaknya melaksanakan pemangkasan sejumlah dahan pohon lebat di tiga kecamatan kota. 
"Berawal dari kejadian belum lama ini yang menimbulkan korban, kami coba berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk melakukan gerak cepat penanganan dan antisipasi," tegasnya. 

Kegiatan pemangkasan ranting pohon oleh BPBD Jember melibatkan Dinas PU Bina Marga dan SDA, Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang, dan Dinas Lingkungan Hidup Jember, hingga Dinas PU Bina Marga dan SDA Jatim. Termasuk tim dari PLN dan Telkom Jember serta unsur TNI dan Polri.

Pria yang akrab disapa Sigit tersebut menerangkan bahwa tim gabungan itu terbagi atas dua kelompok.

 "Kelompok pertama pemangkasan dahan pohon yang lebat di Jalan PB Sudirman hingga Aula Bhayangkara. Tim kedua mulai Aula Bhayangkara hingga Baratan," terangnya.

Dengan keahlian masing masing, pihaknya bergerak untuk melakukan antisipasi secara cepat. "Pohon yang di atas kabel PLN dilakukan oleh tim PLN, pembersihan dilakukan oleh DLH, dan lain sebagainya. Jadi, sangat efektif," ujarnya.

Lebih lanjut  Sigit menyatakan bahwa pembersihan pada hari pertama ini akan dievaluasi.

 "Berikutnya kami laksanakan secara menyeluruh di tiga kecamatan kota," ulasnya.

Pada dasarnya, kegiatan ini juga dilakukan untuk menghindari kemacetan dan menghindari adanya mati listrik saat memangkas dahan pohon.

 "Jadi, betul-betul melindungi dan menghormati masyarakat. Khususnya, bagi yang sedang merayakan Natal," tandasnya.( LN,AF).
© Copyright 2022 - RECORD JATIM