Breaking News

Dinas Koperasi Jember Memberikan Pelatihan Bagi UMKM Kerja Bareng Polije.

RECORD JATIM COM.JEMBER.
Pemkab Jember berhasil menekan laju inflasi yang terjadi di Jember dari adanya kenaikan BBM per oktober 2022 .Dari prestasi tersebut menteri keuangan memberikan rewad kepada Bupati Jember Hendy Siswanto senilai 10.3 Milyard rupiah .
Oleh Bupati Kucuran dana yang bersumber dari DID tersebut diberikan ke sejumlah OPD dalam rangka untuk meningkatkan perekonomian di Jember .
Salah satunya OPD Dinas Koperasi Jember kucuran dana berasal dari DID digunakan untuk pelatihan bagi UMKM  yang ada di Jember yang memiliki usaha dibidang  makanan,perbengkelan dll.
Sartini Kadis Koperasi Jember Membuka pelatihan pembuatan Mie senin( 28/11/2022).

Kepala Dinas koperasi Jember Sartini mengatakan  ada 22 program pelatihan yang kita peruntukkan bagi UMKM binaan kita dan sudah berjalan sejak bulan oktober 2022 .

"Seperti hari ini senin 28 Nopember 2022 ada 3 pelatihan yang kita tenpatkan di Polije Jember yakni pembuatan mie dan Krupuk masing masing program pelatihan di ikuti 40 peserta dari 31 kecamatan .'kata Sartini saat dikonfirmasi media usai pembukaan pelatihn pembuatan mie di Polije ,senin( 28/11/2022).

Dia katakan masing masing peserta yang hadir ikut pelatihan ini sudah direkomendasi oleh camat  setempat  sesuai domisili  dan yang bersangkutan benar benar pelaku usaha sesuai usaha yang dia geluti saat ini "urainya .

Lanjut sartini mengatakan pelatihan yang kita berikan untuk satu program kegiatan dilaksanakan  2 hari masing masing peserta mendapat uang transport 100 ribu rupiah perhari 

Sementara siti Munawaroh  asal sumberejo Ambulu adalah penjual mie Ayam yang dikemas dalam bungkusan dititpkan di warung warung .
Dia berjualan mie Ayam sejak 2012 tapi setelah ada pandemi kurang lebih hampir 3 tahun tidak bisa berjualan ,mencoba secara on line peminat juga gak begitu banyak .

"Oleh sebab itu adanya kegiatan pelatihan pembuatan mie Ayam dilaksanakan oleh Dinas koperasi Jember kerja bareng Polije manfaatnya sangat kita rasakan mulai dari pembuatan mie sampai dengan proses pembuatan mie ayam siap saji ternyata hasilnya luar biasa nggak seperti yang kita buat selama ini.

Harapan siti Munawaroh meskipun pelatihan yang cukup singkat 2 hari tapi sangat bermanfaat ,apalagi pemkab Jember setelah usai pelatihan bisa membantu peralatan,baik itu rombong ,dan permodalan tentunya sangat membantu kami untuk mengembangkan usaha jual mie buka di pinggir jalan.

Hal yang sama diungkapkan oleh indah warga patrang yang jualan kurupuk ikan   .usaha yang dia tekuni bersama sang suami sudah 3 tahun selama ini kita beli bahan baku ke Mangli .setelah itu kita goreng selanjutnya kita pasarkan dari kampung ke kampung 

"Adanya pelatihan di Polije buat krupuk mulai proses membuat dari  bahan baku hingga produksi sampai pada kemasan sangat bermanfaat bagi kami .semoga usai pelatihan kita dibantu peralatan pembuatan krupuk dan kalau bisa ada bantuan modal khan bisa untuk beli  bahan baku "kata Indah .

Pelatihan bagi UMKM binaan Dinas Koperasi Jember dengan berkolaborasi dengan polije Jember sudah tepat mengingat Polije memiliki SDM sesuai bidang ahlinya .( LN).


© Copyright 2022 - RECORD JATIM