Breaking News

Pesan Bupati Hendy Buat Kepala Dinas Jadilah Pejabat Preneur.

Bupati Hendy Siswanto Berikan Motivasi Untuk Pejabat Eselon 2 Minggu 2 Oktober 2022.

RECORDJATIM.COM.BATU:
 Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU., dan Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman turut memberikan motivasi kepada para eselon II yang mengikuti Pelatihan In House Training Non Klasikal Outbond yang berlangsung  Ballroom Amarta Hill Batu pada Minggu (2/10/2022) sore.

Sebelum Bupati H.Hendy Siswanto dan Wakil Bupati KH.MB.Firjaun Barlaman menyampaikan Motivasi  dua narasumber lebih dulu memberikan materi pada pelatihan itu. 
Dr. Muhammad Iqbal dengan tema Komunikasi Efektif Birokrasi, selanjutnya Dr. Suko Widodo membahas soal Transformasi Budaya Kerja ASN 4.0 dalam Peningkatan Pelayanan.
usai Outbond Para Pejabat Eselon 2 Foto bareng Bupati dan Wakil Bupati .

Lebih lanjut, Bupati Hendy Siswanto menjelaskan  bahwa nasib Jember bergantung langkah ikhtiar pemerintah. Oleh karena itu, perlu ada ide-ide yang  kreatif. 
"Kita ketahui Jember memiliki banyak aset yang dapat dimaksimalkan. Bak mata pisau, bisa menjadi bumerang jika tidak digunakan dengan baik," tegasnya. Begitu  sebaliknya, bakal menguntungkan jika digunakan dengan baik.

Menurut Bupati Hendy  apa yang ada di Jember masih belum diberdayakan dengan maksimal. Harapannya, pada 2023, setiap eselon II mampu menuai keberhasilan atas target masing-masing. Contohnya, dinas pariwisata. "Lahannya banyak. Ayo bikin agenda yang mendatangkan massa. Jember dengan 2,6 juta, jelas gampang mendatangkan massa," ucapnya.

Tak hanya pariwisata, dinas lain juga wajib merealisasikan kinerja masing-masing. Yakni, dengan menggunakan program yang dampaknya sangat signifikan. "Selain itu, jadilah kepala dinas yang preneur. Kalau bapak ibu tak bisa punya jiwa wirausaha, kegiatan apapun yang dibuat tak akan berguna," paparnya. Khususnya, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Jember.

"Jadi, apapun yang kita buat harus berguna untuk masyarakat. Salah satunya, tak melulu harus di kantor. Kemarin kita dapat hadiah karena dapat menekan inflasi, poin pentingnya adalah bagaimana kita bisa mempertahankan hal itu. Jadi, mari kita bergotong-royong. Satukan niat bersama dengan dan untuk masyarakat," tuturnya.

Selain itu, diharapkan tak menjadi ASN yang berkutat pada jam kerja. Selama belum pensiun, lanjutnya, harus mengabdikan diri selama 24 jam untuk melayani masyarakat. "Mumpung masih ada waktu, harus dimaksimalkan," tegasnya. Salah satunya, dengan memaksimalkan ribuan tenaga kerja di lingkungan Pemkab Jember.

Selesai dari sini, maksimalkan kompartemen masing-masing. Gunakan masyarakat, komunitas, dan kelompok non pemerintah untuk bekerja sama. "Jangan tebang pilih, ajak seluruh pihak untuk kemaslahatan rakyat Jember," ungkapnya. Lebih lanjut, bupati dan wakil bupati juga membuka diri untuk para kepala dinas yang mau memberikan saran.

Sementara itu, Wabup Gus Firjaun mengajak para peserta untuk mengabdikan diri sebagai langkah untuk berinvestasi di akhirat. "Kapan lagi kita mau melakukan itu kalau tidak sekarang. Ibadah kita mungkin belum baik, tapi dengan mengabdi kepada masyarakat, hal itu menjadi peluang kita untuk akhirat," jelasnya.

Dengan niat yang sama, lanjutnya, tak akan ada persaingan. Namun, malah menghasilkan kerjasama. Sebab, niat pihaknya yakni untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat. "Sebaik-baiknya kalian adalah yang paling banyak memberikan manfaat untuk orang lain," tandasnya.(LN,AF).
© Copyright 2022 - RECORD JATIM