Breaking News

Direksi Perumdan Tirta Pandalungan Jember Andalkan 10 Program Untuk Naikkan Pendapatan

Bupati Jember H.Hendy Siswanto Lagi Foto Bareng Jajaran Direksi PDAM Tirta Pandalungan Jember jumat 16 September 2022.

RECORDJATIM.COM.JEMBER:
Direksi PDAM Jember melouncing 10 Program Satus Dino Kerjo ( seratus hari kerja) berlangsung di salah satu hotel di Jember, acara tersebut dihadiri Bupati Jember dan pejabat terkait serta 210 karyawan PDAM Tirta Pandalungan Jember .

Humas PDAM Jember Andreas Warsito kepada awak media  mengatakan Peserta yang hadir seluruh karyawan, terkecuali yang melakukan piket pelayanan seperti operator, tim reaksi cepat dan tim distribusi yang memperbaiki kebocoran. 

" Program Seratus Dino Kerjo Direksi ini ada 10 point kerja:
 Program ke 1, peningkatan layanan service excellent atau pelayanan prima.

  Kemudian ke 2, Penyesuaian tarif air minum supaya terlayannya adanya FCS ( Full Cost Recovery) artinya yang dimaksud FCS itu adalah mencakup, kita memenuhi operasional kita supaya tidak kalah , Artinya dengan adanya kenaikan bahan baku material, kenaikan BBM itu bisa mengimbangi sehingga ada penyesuaian harga nantinya dengan kenaikan tarif." Paparnya.
  
Selanjutnya Program ke 3,  kemudahan pembayaran rekening air online secara luas. Artinya kita akan menambah poin-poin atau spot-spot misalnya kita bekerja sama dengan yang dahulunya hanya beberapa bank saja nanti akan kita perluas, baik melalui PPOB ( Poin Payment Online Bank ) dan aplikasi market - market lainnya seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lain-lainnya.

 Sedangkan yang ke 4 adalah konservasi unit produksi. Artinya kita menata unit- unit produksi, jika ada sumber-sumber tambahan akan kita alirkan dan kalau ada yang rusak-rusak misalnya treatment-nya atau apanya Kita perbaiki.
 
Untuk program yang ke 5, menurut  Andreas, adalah Diskon Nyaur Utang Tagihan, jadi program ini seperti pemutihan kalau di samsat tetapi kita tidak melakukan secara full, yaitu hanya 75%. Kemudian yang ke 6, adalah pemenuhan dokumen bisnis yaitu Respam, Renbis atau rencana bisnis dan RKAP ( Rencana Kerja Anggaran Perusahaan ) di Tahun 2022 untuk 2023 nanti.

Selanjutnya yang ke 7, Transformasi Digital Tahap 1, yaitu kita akan membangun sistem GIS atau Geologi Information System yang nantinya, titik-titik kita akan terbaca secara koordinatnya, secara online. Kita akan melakukan mapping.

 Kemudian ke 8, Relokasi unit bisnis atau Hazora Tahap I, nantinya akan di relokasikan ke daerah sumber gelas atau di daerah Karang Pring. Tujuannya adalah untuk efisiensi sehingga biaya produksi kita lebih efektif dan tidak memakan banyak bahan bakar artinya adanya kesimpelan atau kemudahan dalam pendistribusian air minum karena dekat dengan unit produksinya." Imbuhnya.
Lebih lanjut, Terkait

 Program Kerja ke 9 adalah Updating Tata Kelola Perusahaan, yaitu kita akan sesuaikan semuanya, kita mengikuti nanti aturan-aturan terbaru seperti SOTK dan lain- lainnya, akan kita update semuanya. 
 
Kemudian yang ke 10, adalah Human Capital Treatment.

Pihaknya  bertahap  mulai 2023 Artinya selama proses dalam 5 tahun ke depan ini adanya target-target yang akan kita laksanakan. Nanti lebih detailnya akan kita tuangkan dalam Rencana Bisnis dan RKAP, di Rispam juga." Tegas Andreas.

Sedangkan untuk target 100.000 pelanggan, pihaknya berproses selama 5 tahun, ini artinya dalam satu periode kepemimpinan jajaran direksi yang baru kita menuju ke sana.

"Salah satu upaya yang akan dilakukan  membangun unit- unit baru supaya airnya lebih lancar lagi, coverage lebih luas lagi. Kita menerapkan K 4, yaitu Kuantitas, Kualitas dan Kontinuitas serta Keterjangkauan." Tandasnya.( LN)
























© Copyright 2022 - RECORD JATIM